Sawung Jabo Sirkus Barock - Anak Setan




Sawung Jabo, terlahir dengan nama Mochamad Djohansyah (lahir di SurabayaJawa Timur4 Mei 1951; umur 61 tahun), adalah seniman dan musisi kondang Indonesia yang dikenal dengan keterlibatannya dalam hampir segala bentuk kesenian baik itu bermusikteater , melukis, dan juga tari. Sawung Jabo dikenal dalam konsepnya yang menggabungkan elemen musik Barat dan Timur, khususnya Jawa. Dia paling dikenal melalui keterlibatannya dalam grup musik "Swami" dan "Kantata Takwa" bersama musisi-musisi kenamaan Indonesia lainnya pada akhir tahun 80-an dan tahun 90-an seperti Iwan FalsJockie Suryoprayogo, dan juga sponsor mereka, pengusaha Setiawan Djodi. Merekalah yang melahirkan lagu-lagu terkenal yang bertemakan sosial dan politik seperti "Bento""Bongkar""Hio","Kuda Lumping", dan "Nyanyian Jiwa". Lagu-lagu tersebut menjadi populer setelah dimainkan dalam konser akbar Kantata Takwa di Stadion Utama Gelora Bung KarnoJakarta, 23 Juni 1990. Proyek musik Kantata tersebut kemudian diabadikan dalam film "Kantata Takwa" (2008) arahan sutradara Eros Djarot dan Gotot Prakosa. Sawung Jabo dikenal produktif dalam melahirkan karya seni atau terlibat dengan para seniman dari bermacam daerah seperti SurabayaYogyakartaSolo,BandungSidoarjoJember, bahkan sampai negara Australia.
Sirkus Barock didirikan oleh Sawung Jabo yang embrionya antara lain KAAS ( keluarga Arek-Arek Suroboyo) yang belajar di Yogya dan mahasisiwa AMI dan Asri sekitar tahun 1976, dengan pemain tetap antara lain Inisisri, Nanu ( Alm ), Totok Tewel & Edi Darome dan masih banyak pemain musisi hebat yang main bersamanya, Pementasan Sirkus Barock sarat dengan nuansa teatrikal antara lain Kanvas Putih ( TIM) dan Tragedi (GKJ) , mengeluarkan 7 album antara lain Anak Setan (75) Fatamorgana ( 94) Jula Juli Anak Negeri (01) , tur ke Sydney & Melbourne (95 & 96), dan album Musik dari Seberang Laut yang dimasukan dalam album kompilasi worldmusic di Australia dengan judul World Without Borders (97)

Awal 2004 kelompok Sirkus Barock berpentas di Sidoarjo yang kali ini diisi oleh Inisisri, Totok Tewel, Edi Darome, Boss & Ipul (Jangan Asem, Sby) berkolaborasi bersama Kelompok Swaraparawatu (Sidoarjo) dan perkusi Magic Skin of Drums (Bandung)
Salah satu karyanya Sawung Jabo Sirkus Barock - Anak Setan bisa kita nikmati atau kita download disini

0 komentar:

Post a Comment

tattoo 2013 car modification haircut script tattoo